GadgetPendidikan

Felder-Silverman (FSLSM) Riset Inovasi Metode Pembelajaran Hasil Karya 2 Dosen Untag Surabaya

Supangat menjelaskan metode pembelajan FSLSM pada mahasiswa.

Surabaya – Dunia pendidikan terus berkembang seiring perkembangan Teknologi dan kemajuan zaman. Teknik dan metode pembelajaranpun berkembang sering perubahan dan perbedaan kebutuhan setiap mahasiswa atau siswa didik yang dapat dilihat dari karakter dan kepribadian masing masing siswa.

Mengangkat hal tersebut, dua orang Dosen Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, berinovasi membuat riset atau penelitian metode pembelajaran dalam pemahaman dan penerapan Model Gaya Belajar Felder-Silverman (FSLSM).

Inovasi riset metode pengajaran ini merupakan karya dariSupangat, M.Kom., Ph.D., ITIL., COBIT., CLA, dan juga Mohd Zainuri Bin Saringat.Lebih lanjut Supangat yang juga merupakan Ketua Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini ,menyebut Penelitian berjudul ‘A Systematic Literature Review : Enhanced Felder Silverman Learning Style Model’ mengangkat peran penting gaya belajar mahasiswa dalam penyesuaian sistem e-learning, terutama pada pengembangan sistem e-learning cerdas.

Penelitian ini juga termasuk dalam kategori penelitian yang terindeks Di Scopus dan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), yang terbit tahun 2022 lalu. Hasil penelitian tersebut juga dipamerkan dalam acara ‘Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Untag Surabaya 2023’ di Plaza Proklamasi Graha Wiyata Untag Surabaya, Rabu (20/12/2023).

Supangat juga menjelaskan bahwa tujuan penelitian tersebut guna meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem e-learning.“Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengklasifikasikan studi sebelumnya tentang FSLSM dan sistem e-learning cerdas, serta untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem e-learning,” jelas Supangat.

Hasil temuan penelitian FSLSM E -Learning tersebut dapat meningkatkan eketivitas dan efisiensi proses belajar siswa didik yang disesuaikan dengan karakter dan kepribadian masing masing siswa. Selain itu metode pembelajaran tersebut juga dapat meningkatkan kualitas sistem, dan integrasi teknik identifikasi, rekomendasi bagi pengajar.(spt)

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *