PendidikanReligi

Songsong Ramadhan 1446 Hijriah Mendidik Anak dari Keistimewaan Puasa Ramadhan

Kegiatan Songsong Ramadhan di Halaman Sekolah

Yogyakarta- Setiap Minggu wage, SD Negeri Tahunan Yogyakarta menggelar acara pengajian parenting Islami, menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh para orang tua siswa. Dengan tema “Mendidik Anak dari Keistimewaan Puasa Ramadhan”, menjadikan acara ini sebagai wadah bagi orang tua untuk memperoleh ilmu dan inspirasi dalam mendidik anak-anak mereka. Pengajian yang diselenggarakan di halaman  sekolah ini tidak hanya menjadi ajang untuk mendapatkan pengetahuan agama, namun juga sebagai forum diskusi dan tukar pengalaman antar orang tua. Melalui materi yang disampaikan oleh ustadz Sadam, M.Pd, para orang tua diajak untuk merenungkan peran mereka dalam mendidik anak-anak sesuai dengan ajaran agama Islam.

Pengajian Ahad Wage ini menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap 35 hari sekali, bekerja sama  dengan wali murid paguyuban kelas 1-6 secara bergiliran. Dengan dihadiri guru, karyawan, dan wali murid SD Negeri Tahunan  serta mahasiswa PPG UAD. Selain itu juga ada kegiatan infaq, yang digunakan untuk mensubsidi snack bagi yang datang pengajian dan ustadz. Hal ini tidak hanya menjadi sarana untuk memperoleh pahala, namun juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kebutuhan jasmani para peserta pengajian. Dengan demikian, semangat kebersamaan dan kepedulian sosial semakin terjalin antar orang tua di SD Negeri Tahunan. Selain itu, door prize yang diselenggarakan pada akhir acara turut menambah semarak keseluruhan acara. Beragam hadiah menarik disiapkan untuk para peserta pengajian, sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan kehadiran mereka. Hal ini tidak hanya menjadi daya tarik tambahan, tetapi juga sebagai wujud kepedulian sekolah terhadap kehadiran orang tua dalam acara pengajian.

Kepala Sekolah SD Negeri Tahunan, Ibu Triana Nuriastuti, M.Pd, menyampaikan bahwa acara pengajian parenting Islami ini merupakan salah satu bentuk komitmen sekolah dalam mendukung pembentukan keluarga yang harmonis dan berakar pada nilai-nilai agama. Dengan menggandeng para ustad dari luar sekolah, SD Negeri Tahunan berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada para orang tua untuk terus meningkatkan peran dan kualitas pendidikan Islam di lingkungan keluarga. Dengan semangat yang membara, acara pengajian parenting Islami di SD Negeri Tahunan terus menjadi agenda rutin yang dinanti-nantikan, tidak hanya sebagai sumber ilmu dan keberkahan tetapi juga sebagai ajang untuk memperkuat tali silaturahmi dan kebersamaan antar orang tua.

Penulis :Izza Azzahra

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *