Politik & Pemerintahan

Dinilai Program Bagus Prabowo Gibran Unggul 45,4 % Versi Survei PSPS UHAMKA dan Puspolnas UM Surabaya

Rilis survei PSPS - UHAMKA dan Puspolnas UM Surabaya : Partisipasi warga Muhammadiyah terkait preferensi politik, gerakan relawan paslon dan netralitas aparatus pemerintahan dalam Pemilu 2024. Dok Istimewa.

Surabaya – Jelang masa tenang kampanye, Pusat Studi Politik dan Sosial Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta (PSPS-UHAMKA) bekerjasama dengan Pusat Studi Politik dan Transformasi Sosial (Puspolnas) UM Surabaya merilis hasil survei terkait partisipasi warga Muhammadiyah terkait preferensi politik, gerakan relawan paslon dan netralitas aparatus pemerintahan dalam Pemilu 2024 di Gedung Teater UM Surabaya pada Jumat (9/2/24).

Peneliti Utama PSPS UHAMKA Amirullah menyebut bahwa,dalam konteks Capres-Cawapres, survei tersebut menunjukkan Prabowo-Gibran unggul versi warga Muhammadiyah (45,4%). Disusul Anis-Muhaimin (33,8%) dan Ganjar-Mahfud (15,6%) dan ada (6,2%) pemilih warga Muhammadiyah belum menentukan pilihan soal Pilpres 2024.

“Alasan warga Muhammadiyah memilih Capres-Cawapres karena program bagus (29,3%), merakyat (16,3%), mewakili aspirasi (14,3%) diikuti alasan lainnya,”ujar Amir.Namun disisi lain, Amir menyebut “terkait netralitas, 41% warga Muhammadiyah tidak percaya Pemilu berjalan luber jurdil dan 47,5% tidak percaya pada apparatus pemerintahan dalam pemilu 2024, sedangkan yang percaya (33,7%),”imbuhnya.

BACA JUGA : Prabowo Gibran Pilihan Favorit Anak Muda Muhammadiyah Versi Survei PUSAD UM Surabaya

Dalam kesempatan yang sama ,Peneliti Utama Puspolnas UMSurabaya,Arin Setyowati mengatakan bahwa pilihan partai politik bagi warga Muhammadiyah masih memposisikan PAN dalam posisi unggul, yakni 29,9%. “Pada temuan kami warga Muhammadiyah masih memilih PAN sebagai pilihan partai, kemudian disusul PKS 9,7%, Gerindra 9,2%, Golkar 8,8%,PDIP 7,6, dan disusul partai lainnya sedangkan yang belum menentukan 9,4%,”jelasnya.

Periode survei ini dilakukan 26 Januari – 4 Februari 2024. Hasil survei ini mengambil jumlah sampel sebanyak 1220 responden tersebar secara proporsional di 35 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) atau Provinsi.

Margin tingkat toleransi (standart of error/d 2,9% dengan tingkat kepercayaan adalah 90%. Proses wawancara dilakukan secara On Call dengan responden menggunakan kuesioner oleh enumerator yang dilatih.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh tim riset. Muhammadiyah mempunyai anggota sebesar 52.177.950 (Lima puluh dua juta seratus tujuh puluh tujuh ribu sembilan ratus lima puluh). Data tersebut dihimpun dari data sekunder secara makro dan beberapa data dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se-Indonesia.

Selain itu juga, acara rilis hasil survei dihadiri oleh beberapa relawan Capres-Cawapres. Diantaranya adalah Rahardian Bino Wardanu (Juru Kampanye Amin), Najih Prasetyo (Kornas Bergerak 1912), Sholikhul Huda (Kornas Munas (Jaringan Nasional Muhammadiyah Nasional). Hadir juga Amirullah (Peneliti Utama PSPS UHAMKA) dan Satria Unggul Wicaksana (Direktur PUSAD UM Surabaya). (Spt)

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *