Ekonomi BisnisMedsos

TikTok Shop Kembali di Buka, Kini Gandeng Tokopedia

Tiktok Shop resmi bergabung dengan Tokopedia (Quora/@fairuzmajid)

TikTok Shop akhirnya dibuka kembali pada tanggal 12 Desember 2023 bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang juga sempat ditutup pada bulan Oktober 2023 lalu.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Kini TikTok Shop hadir kembali dengan bekerja sama dengan Tokopedia.

Sebagai informasi, bisnis TikTok Shop Indonesia dan Tokopedia akan digabungkan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja di dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Mengutip dari situs resmi GoTo, kemitraan strategis TikTok Shop akan dimulai dengan periode uji coba pada 12 Desember 2023. Melalui masa tersebut terdapat program bernama Kampanye Beli Lokal yang nantinya pembeli dapat berbelanja di TikTok melalui tab Shop, Video Pendek, dan juga sesi Live.

TikTok juga menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” bunyi keterangan TikTok.

TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo akan memanfaatkan platform e-commerce dan mendorong ciptaan jutaan lapangan kerja baru untuk lima tahun mendatang.

Mengutip dari situs resmi GoTo dijelaskan juga bahwa penggabungan kedua bisnis ini, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. Berikut adalah dukungan yang akan didapatkan pelaku UMKM dari berbagai program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo:

  • Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok.
  • Hulusiasi UMKM-mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan).
  • Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional.
  • Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang.
  • Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia.
  • Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.

(shf)

Shares:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *