Living

Kaleidoskop : Program Dandan Omah Surabaya Tembus 3.909 Unit

Walkot Surabaya Eri Cahyadi Pantau Progres Program Dandan Omah. Dok.istimewa

Surabaya – Dandan Omah atau Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu),menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kota Surabaya di sepanjang tahun 2023. Bermodal APBD dan gotong royong yang terus dia bangun, akhirnya realisasi program Dandan Omah ini melebihi target hingga tembus 3.909 unit.

Wali Kota Eri menjelaskan bahwa dalam rangka merealisasikan program Dandan Omah ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengedepankan kearifan lokal, yaitu guyub rukun dan gotong royongnya warga Kota Surabaya.

Sebab, pengerjaan Dandan Omah itu dilakukan oleh warga di sekitarnya, mulai dari kuli bangunannya hingga tukangnya, termasuk pembelian alat atau bahan bangunannya juga diambilkan dari toko bangunan di wilayah tersebut. “Dengan cara ini, maka perekonomian akan berputar di wilayah tersebut, sehingga program ini juga bisa menggerakkan ekonomi, bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan di wilayah tersebut,” kata Wali Kota Eri di ruang kerjanya, Jumat (29/12/2023).

Di sisi lain, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan bahwa pada tahun 2023, target program Rutilahu yang berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Surabaya sebanyak 2.700 unit rumah dengan anggaran mencapai Rp 94,5 miliar.

“Sedangkan realisasinya di lapangan hingga akhir tahun 2023 ini sebanyak 3.140 unit. Jadi, sudah melebihi target kami. Ini khusus realisasi Rutilahu dengan menggunakan APBD,” tegasnya.

Selain menggunakan APBD, pemkot juga menghimpun bantuan non APBD melalui gotong royong. Jumlah unit yang berhasil dibangun mencapai 769 unit, terdiri dari bantuan Baznas sebanyak 108 unit, BSPS sebanyak 632 unit, Yayasan Manarul Ilmi 2 unit, Gereja Victory 8 unit, Alumni SMA 5 ada 1 unit, dan dari Bangga Surabaya Peduli sebanyak 18 unit.Adapun anggaran Rutilahu di tahun 2024 yang berasal dari APBD sebesar Rp 68,7 miliar untuk 1.500 unit rumah.(dod)

Shares:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *